Qris BI Putuskan Merilis Standar Kode QR Nasional Satu Ini

Home / Qris BI Putuskan Merilis Standar Kode QR Nasional Satu Ini

Qris BI Putuskan Merilis Standar Kode QR Nasional Satu Ini

Quick Response Code Indonesian Standard atau yang di singkat dengan Qris BI telah memutuskanya sebagai QR kode nasional untuk pebayaran nontunai menggunakan semua dompet digital. QRIS merupakan bentuk penyatuan berbagai macam kode QR dari setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau PJSP yang menggunakan kode QR. BI mengembangkan kode quick response ini dengan industri sistem pembayaran agar proses transaksi menggunakan kode QR menjadi semakin mudah, cepat dan aman. BI menetapkan bahwa semua Penyelenggara Sistem Pembayaran yang akan menggunakan kode QR wajib menggunkan kode Quick Response nasional ini.

Qris BI Putuskan Merilis Standar Kode QR Nasional Satu Ini

Kode QR nasional ini menawarkan kemudahan dengan selogan UNGGUL yaitu;

  • Universal, dapat diartikan bahwa dapat digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat baik kelas bahwa, menegah maupun atas. Masyarakat juga tidak perlu memiilki berbagai macam pembayaran dengan QR.
  • GampanG, maksutnya baik masyarakat maupun mitra dimudahkan oleh adanya kode QR ini. Bagi masyarakat mudah dalam melakukan pembayaran tinggal scan kode, klik lalu bayar. Bagi mitra tidak perlu memajang banyak kode QR untuk setiap e-wallet cukup satu kode saja.
  • Untung, pembayaran menggunakan scan kode QR ini dapat menguntungkan bagi pengguna karena dapat menggunakan apun apaun untuk membayar. Bagi mitra sendiri diuntungkan karena cukup memiliki minimal satu akun saja untuk menerima pembayaran dari setiap pembayaran dengan kode QR.
  • Langsung, maksutnya pembayaran menggunakan kode ini langsung diproses seketika. Baik pengguna maupun mitra akan mendapatkan notfikasi transaksi.

Adapun jenis pembayaran menggunkan kode Quick Response nasional ini ada tiga macam. Yang pertama yaitu MPM atau Merchant Presented Mode Statis merupakan cara yang paling mudah pasalnya merchant atau mitra hanya perlu memajang satu stiker QR untuk di scan pembeli kemudian pembeli memasukan nominal pembayaran dan transaksi selesai. Berikutnya yaitu Merchant Presented Mode Dinamis, dimana QR dikeluarkan melalui smartphone atau mesin ECD. Mitra harus memasukan nominal pembelian terlebih dahulu kemudian kode dibuat lalu discan pembeli untuk melakukan transaksi.

 

 

About Author